Doa Menghapal AL-QURAN

Senin, 30 Agustus 20100 komentar


Abdullah bin Abbas r.a. meriwayatkan, bahwa dalam satu majelis, ketika Ali bin Abu Thalib memberitahu Rasulullah SAW tentang buruknya hapalannya, maka Rasulullah SAW bersabda kepada Ali bin Abu Thalib karomallohu wajahahu“Apabila ada malam jumat, jika engkau mampu bangunlah pada sepertiga malam yang terakhir, karena itu waktu yang disaksikan dan doa padanya dikabulkan. Jika engkau tidak mampu, maka bangunlah pada pertengahan malam. Jika engkau tidak mampu, maka bangunlah pada awal malam, shalatlah empat rakaat, baca pada:
-          rakaat pertama, Fatihah dan surat Yaasiin;
-          rakaat kedua Fatihah dan surat ad-Dukhaan;
-          rakaat ketiga Fatihah dan Aliif Laam Miim as-Sajdah (surat as-Sajdah);
-          rakaat keempat Fatihah dan surat al-Mulk.
Apabila engkau selesai membaca tasyahud (sebelum salam), maka pujilah Allah, dan baguskanlah pujian untuk Allah. Dan baca shalawat untukku dan baguskan bacaan shalawat, dan juga baca shalawat untuk seluruh nabi, dan mohonlah ampunan untuk mukminin dan mukminat dan bagi saudara-saudaramu yang telah terlebih dahulu beriman.
Kemudian di akhir semua itu, bacalah doa:

 اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي ، وَ ارْحَمْنِي  أَنْ  أَتَكَلَّفَ  مَا  لاَ  يَعْنِيْنِي ،  وَ ارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظَرِ  فِيْمَا  يُرْضِيْكَ  عَنِّي.  اَللَّهُمَّ بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَ الْأَرْضِ  ذَا الْجَلاَلِ وَ الْإِكْرَامِ وَ الْعِزَّةِ الَّتِي لاَ تُرَامُ ؛ أَسْأَلُكَ يَا اللهُ يَا رَحْمنُ بِجَلاَلِكَ وَ نُوْرِ وَجْهِكَ أَنْ تُلْزِمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي وَ ارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَي النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيْكَ عَنِّي.
 اَللَّهُمَّ بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَ الْأَرْضِ  ذَا الْجَلاَلِ وَ الْإِكْرَامِ وَ الْعِزَّةِ الَّتِي لاَ تُرَامُ ؛ أَسْأَلُكَ يَا اللهُ يَا رَحْمنُ بِجَلاَلِكَ وَ نُوْرِ وَجْهِكَ أَنْ تُنَوِّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِي وَ أَنْ تُطْلِقَ بِهِ لِسَانِى وَ أَنْ تُفَرِّجَ بِهِ عَنْ  قَلْبِي وَ أَنْ  تَشْرَحَ بِهِ  صَدْرِي وَ أَنْ تُعْمِلَ بِهِ بَدَنِي ِلأَنَّهُ لاَ يُعِيْنُنِي عَلَي الْحَقِّ غَيْرُكَ وَ لاَ يُؤْتِيهِ إِلاَّ أَنْتَ وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

(“Ya Allah, sayangilah aku dengan menjadikan aku meninggalkan maksiat selama Engkau hidupkan aku, sayangilah aku agar aku tidak suka melakukan apa yang tidak bermanfaat bagiku, dan beri aku pandangan yang baik pada apa yang membuat-Mu ridha kepadaku.
Ya Allah, Pencipta langit dan bumi, Pemilik keagungan dan kemuliaan yang tak ada kurangnya, aku memohon pada-Mu ya Allah, ya Rahman, dengan keagungan-Mu dan dengan cahaya Wajah-Mu, agar Engkau jadikan hatiku tetap hapal Kitab-Mu sebagaimana yang Engkau ajarkan kepadaku dan jadikan aku dapat membacanya dengan bacaan yang membuat-Mu ridha kepadaku.
Ya Allah, Pencipta langit dan bumi, Pemilik keagungan dan kemuliaan yang tak ada kurangnya, aku memohon pada-Mu ya Allah, ya Rahman, dengan keagungan-Mu dan dengan cahaya Wajah-Mu, agar Engkau terangi penglihatanku dengan Kitab-Mu, Engkau mudahkan lidahku dengan Kitab-Mu, Engkau bukakan hatiku dengan Kitab-Mu, Engkau lapangkan dadaku dengan Kitab-Mu, dan Engkau jadikan badanku mengamalkan Kitab-Mu, sesungguhnya tidak ada yang dapat menolongku kepada yang benar selain-Mu, dan tidak ada yang dapat mendatangkan kebenaran kecuali Engkau. Dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)”.
Menurut Abdullah bin Abbas r.a.,: “Setelah lima atau tujuh jumat, Ali datang kepada Rasulullah s.a.w. pada majelis seperti itu, kemudian ia berkata: ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku dahulu tidak tenteram, aku tidak bisa mempelajari kecuali empat ayat atau seumpamanya, apabila aku menghapalnya di dalam jiwaku, semuanya hilang dari hapalanku, tetapi sekarang aku mempelajari empat puluh ayat atau seumpamanya, dan apabila aku menghapalnya di dalam jiwaku, seolah-olah Kitab Allah di depan mataku. Dan dahulu aku mendengar hadis, tetapi apabila aku kembali maka hadis itu hilang dari hapalanku, namun sekarang aku mendengar sejumlah hadis, maka apabila aku mengingatnya tidak ada yang salah walaupun satu hurup”.

(Contoh kalimat tahmid, shalawat dan istighfar ialah:[1]

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ  الْكَرِيْمِ وَ عَظِيْمِ  سُلْطَانِكَ. وَ الصَّلاَةُ  وَ  السَّلاَمُ  عَلَى  أَشْرَفِ  الْأَنْبِيَاءِ  وَ الْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ  وَ  عَلَى  كَافَّةِ الْأَنْبِيَاءِ وَ  الْمُرْسَلِيْنَ وَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَ الشُّهَدَاءِ وَ الصَّالِحِيْنَ وَ الْعُلَمَاءِ الْعَامِلِيْنَ وَ أَهْلِ طَاعَتِكَ أَجْمَعِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوْبِى وَ لِوَالِدَيَّ وَ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ  الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ وَ لِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ وَ لاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Majelis Ulama Indonesia Kota Tanjungpinang | mui.kotatanjungpinang@gmail.com
Copyright © 2011. MUI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Edi Suryadi, A.Md.
Proudly powered by MUI KOTA TANJUNGPINANG